Aldy Aldy Author
Title: Dimensi Akuntansi atas Transaksi Internasional
Author: Aldy
Rating 5 of 5 Des:
Akuntansi Internasional Akuntansi internasional adalah akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan prinsip-prinsip akuntansi d...

Akuntansi Internasional
Akuntansi internasional adalah akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi standar akuntansi di seluruh dunia. Perkembangan akuntansi internasional sekarang ini semakin pesat dan perhatian profesi akuntan pun terhadap masalah ini semakin besar.

Tujuan Akuntansi Internasional
  • Mengidentifikasi sejarah perkembangan akuntansi internasional.
  • Memperkenalkan berbagai perbedaan nasional dalam akuntansi di dunia.
  • Meringkas evolusi bisnis sampai zaman modern.
  • Membahas pentingnya dimensi akuntansi dalam bisnis global dan topik-topik penting yang membentuk akuntansi internasional.

Akuntansi Internasional juga termasuk akuntansi yang bertujuan umum yang berorientasi nasional, dalam arti luas untuk
  • Analisa komparatif internasional
  • Pengukuran dari isu-isu pelaporan akuntansinya yang unik bagi transaksi-transaksi bisnis mulitnasional.
  • Kebutuhan akuntansi bagi pasar-pasar keuangan internasional
  • Harmonisasi keragaman pelaporan keuangan melalui aktivitas-aktivitas politik, organisasi, profesi dan pembuatan standar.

Akuntansi Internasional pada khususnya mencakup bidang akuntansi keuangan dan pelaporan, akuntansi manajemen, auditing, perpajakan dan upaya-upaya harmonisasi akuntansi yang sedang dilakukan.

Dalam dunia usaha akuntansi merupakan suatu alat informasi, dimana akuntansi memberikan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan. Akuntansi intenasional memiliki peran yang serupa dengan konteks yang lebih luas, dimana lingkup pelaporannya adalah untuk perusahaan multinasional dengan transaksi dan operasi lintas batas Negara atau perusahaan dengan kewajiban pelaporan kepada para pengguna laporan dinegara lain.Proses akuntansinya pun tidak berbeda dan dengan kualifikasi standar pelaporan tertentu yang diatur secara internasional maupun local pada Negara tertentu.
      
Tapi penting untuk diketahui mengenai dimensi internasional dari proses akuntansi pada tiap negara yang berbeda. Dimana perbedaan itu meliputi, perbedaan budaya praktik bisnis, struktur politik, system hukum, nilai mata uang, tingkat inflasi local, risiko bisnis, dan serta aturan perundang-undangan mempengaruhi bagaimana perusahaan multinasional melakukan kegiatan operasionalnya dan memberikan laporan keuangannya. Ada beberapa hal yang menyatakan bahwa akuntansi internasional berbeda dengan yang lainnya, perbedaan studi akuntansi internasional adalah pada:
  • Pelaporan untuk MNC/MNE (Multi National Corporation)
  • Batas negara
  • Pelaporan untuk pihak lain di negara yang berbeda
  • Perpajakan Internasional
  • Transaksi Internasional

selain itu perbedaannya terdapat pada
  • Yang dilaporkan adalah perusahaan multinasional (MultiNasional Company, yaitu sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat disatu negara tetapi kantor cabang diberbagai negara maju dan berkembang)
  • Operasi transaksi melintasi batas – batas negara.
  • Pelaporan ditujukan kepada pengguna yang berlokasi di negara selain negara perusahaan.

Dimensi Nilai Akuntansi yang Mempengaruhi Praktek Akuntansi :
  • Profesionalisme versus control wajib preferensi terhadap pelaksanaan perimbangan professional individu dan regulasi sendiri kalangan professional dibandingkan terhadap kepatuhan dengan ketentuan hokum yang telah ditentukan
  • Keseragaman versus fleksibilitas preferensi terhadap keseragaman dan konsistensi dibandingkan fleksibilitas dalam bereaksi terhadap suatu keadaan tertentu
  • Konservatisme versus optimisme.
  • Kerahasiaan versus transparansi preferensi atas kerahasiaan dan pembatasan informasi usaha menurut dasar kebutuhan untuk tahu dibandingkan dengan kesediaan untuk mengungkapkan informasi terhadap public.

Akuntansi mencakup beberapa proses yang luas diantaranya:
  • Pengukuran, memberikan masukan mendalam mengenai probabilitas operasi suatu perusahaan dan kekuatan posisi keuangan.
  • Pengungkapan, proses dimana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna laporan keuangan dan digunakan dalam pengambilan keputusan.
  • Auditing, proses dimana para kalangan professional akuntansi khusus (auditor) melakukan atestasi (pengujian) terhadap keandalan proses pengukuran dan komunikasi.
Tujuan Akuntansi Internasional :
  • Mengidentifikasi sejarah perkembangan akuntansi internasional.
  • Memperkenalkan berbagai perbedaan nasional dalam akuntansi di dunia.
  • Meringkas evolusi bisnis sampai zaman modern.
  • Membahas pentingnya dimensi akuntansi dalam bisnis global dan topik-topik penting yang membentuk akuntansi internasional.

Manfaat Akuntansi Internasional secara teknis dan sosial :
  • Akuntansi harus mengantisipasi kebutuhan masyarakat, dan
  • Akuntansi harus mencerminkan kondisi budaya, ekonomi, hukum, sosial dan politik dalam operasinya.

Contoh Perusahaan Multinasional yang bergerak di bidang Jasa, Dagang dan Manufaktur!

Contoh Perusahaan Dagang
PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) atau Alfamart merupakan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dari segi Segmentasi, Alfamart merupakan perusahaan distributor eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari bagi semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua  dengan luas kurang dari 250 m². produk- produk yang dijualnya berbagai macam, dari makanan, minuman, tabung gas, peralatan sekolah dan lain-lain. Startegi pemasaran alfamart dengan membuka cabang yang dekat dengan perumahan masyarakat.

Contoh Perusahaan Manufaktur
PT Ultra jaya Milk tbk. PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra Milk untuk produk susu, Buavita dan Gogo untuk jus segar. Namun sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Susu yang dihasilkan PT ini dipisahkan dalam beberapa segmentasi pasar, pasar untuk balita, anak- anak, hingga dewasa. Dan dengan strategi kesegaran bahan baku susu dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses UHT (ultra high temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan pengawet apapun, Pt Ultra jaya Milk diharapkan tetap dapat menguasai pangsa pasarnya di Indonesia.

Contoh Perusahaan Jasa
PT Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa disebut JNE. JNE adalah suatu perusahaan jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang ataupun dokumen. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang bergerak di jasa pengiriman barang ini mempunyai beberapa  layanan dalam pengiriman barang / dokumen , diantaranya  paket YES(yakin esok sampai), Regular, OKE(ongkos kirim ekonomis), SS( superspeed/ kirim dan sampai di hari yang sama). Segmentasi yang dilakukan JNE dengan membagi beberapa layanan dengan tariff sesuai segmentasi pasar yang ingin digapai JNE, seperti contoh pada paket OKE(ongkos kirim ekonomis) yang diperuntukan untuk golongan menengah kebawah dengan waktu sampai barang hingga seminggu berbeda dengan YES atau SS yang diperutukan untuk golongan menengah keatas yang bias mengirim barang di hari yang sama sampai dengan 1 hari.

Sumber :

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top