Akuntansi
Internasional
Akuntansi internasional adalah akuntansi untuk transaksi antar
negara, pembandingan prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan
dan harmonisasi standar akuntansi di seluruh dunia. Perkembangan akuntansi
internasional sekarang ini semakin pesat dan perhatian profesi akuntan pun
terhadap masalah ini semakin besar.
Tujuan Akuntansi
Internasional
- Mengidentifikasi sejarah perkembangan akuntansi internasional.
- Memperkenalkan berbagai perbedaan nasional dalam akuntansi di dunia.
- Meringkas evolusi bisnis sampai zaman modern.
- Membahas pentingnya dimensi akuntansi dalam bisnis global dan topik-topik penting yang membentuk akuntansi internasional.
Akuntansi
Internasional juga termasuk akuntansi yang bertujuan umum yang berorientasi
nasional, dalam arti luas untuk
- Analisa komparatif internasional
- Pengukuran dari isu-isu pelaporan akuntansinya yang unik bagi transaksi-transaksi bisnis mulitnasional.
- Kebutuhan akuntansi bagi pasar-pasar keuangan internasional
- Harmonisasi keragaman pelaporan keuangan melalui aktivitas-aktivitas politik, organisasi, profesi dan pembuatan standar.
Akuntansi
Internasional pada khususnya mencakup bidang akuntansi keuangan dan pelaporan,
akuntansi manajemen, auditing, perpajakan dan upaya-upaya harmonisasi akuntansi
yang sedang dilakukan.
Dalam
dunia usaha akuntansi merupakan suatu alat informasi, dimana akuntansi
memberikan informasi yang akurat untuk pengambilan keputusan. Akuntansi
intenasional memiliki peran yang serupa dengan konteks yang lebih luas, dimana
lingkup pelaporannya adalah untuk perusahaan multinasional dengan transaksi dan
operasi lintas batas Negara atau perusahaan dengan kewajiban pelaporan kepada
para pengguna laporan dinegara lain.Proses akuntansinya pun tidak berbeda dan
dengan kualifikasi standar pelaporan tertentu yang diatur secara internasional
maupun local pada Negara tertentu.
Tapi penting untuk diketahui mengenai
dimensi internasional dari proses akuntansi pada tiap negara yang berbeda.
Dimana perbedaan itu meliputi, perbedaan budaya praktik bisnis, struktur
politik, system hukum, nilai mata uang, tingkat inflasi local, risiko bisnis,
dan serta aturan perundang-undangan mempengaruhi bagaimana perusahaan
multinasional melakukan kegiatan operasionalnya dan memberikan laporan
keuangannya. Ada beberapa hal yang menyatakan bahwa akuntansi internasional
berbeda dengan yang lainnya, perbedaan studi akuntansi internasional adalah
pada:
- Pelaporan untuk MNC/MNE (Multi National Corporation)
- Batas negara
- Pelaporan untuk pihak lain di negara yang berbeda
- Perpajakan Internasional
- Transaksi Internasional
selain
itu perbedaannya terdapat pada
- Yang dilaporkan adalah perusahaan multinasional (MultiNasional Company, yaitu sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat disatu negara tetapi kantor cabang diberbagai negara maju dan berkembang)
- Operasi transaksi melintasi batas – batas negara.
- Pelaporan ditujukan kepada pengguna yang berlokasi di negara selain negara perusahaan.
Dimensi
Nilai Akuntansi yang Mempengaruhi Praktek Akuntansi :
- Profesionalisme versus control wajib preferensi terhadap pelaksanaan perimbangan professional individu dan regulasi sendiri kalangan professional dibandingkan terhadap kepatuhan dengan ketentuan hokum yang telah ditentukan
- Keseragaman versus fleksibilitas preferensi terhadap keseragaman dan konsistensi dibandingkan fleksibilitas dalam bereaksi terhadap suatu keadaan tertentu
- Konservatisme versus optimisme.
- Kerahasiaan versus transparansi preferensi atas kerahasiaan dan pembatasan informasi usaha menurut dasar kebutuhan untuk tahu dibandingkan dengan kesediaan untuk mengungkapkan informasi terhadap public.
Akuntansi
mencakup beberapa proses yang luas diantaranya:
- Pengukuran, memberikan masukan mendalam mengenai probabilitas operasi suatu perusahaan dan kekuatan posisi keuangan.
- Pengungkapan, proses dimana pengukuran akuntansi dikomunikasikan kepada para pengguna laporan keuangan dan digunakan dalam pengambilan keputusan.
- Auditing, proses dimana para kalangan professional akuntansi khusus (auditor) melakukan atestasi (pengujian) terhadap keandalan proses pengukuran dan komunikasi.
Tujuan
Akuntansi Internasional :
- Mengidentifikasi sejarah perkembangan akuntansi internasional.
- Memperkenalkan berbagai perbedaan nasional dalam akuntansi di dunia.
- Meringkas evolusi bisnis sampai zaman modern.
- Membahas pentingnya dimensi akuntansi dalam bisnis global dan topik-topik penting yang membentuk akuntansi internasional.
Manfaat
Akuntansi Internasional secara teknis dan sosial :
- Akuntansi harus mengantisipasi kebutuhan masyarakat, dan
- Akuntansi harus mencerminkan kondisi budaya, ekonomi, hukum, sosial dan politik dalam operasinya.
Contoh
Perusahaan Multinasional yang bergerak di bidang Jasa, Dagang dan Manufaktur!
Contoh Perusahaan Dagang
PT
Sumber Alfaria Trijaya (SAT) atau Alfamart merupakan perusahaan nasional yang
bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan
kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dari segi Segmentasi, Alfamart merupakan
perusahaan distributor eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari
bagi semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua dengan luas kurang dari 250 m². produk-
produk yang dijualnya berbagai macam, dari makanan, minuman, tabung gas,
peralatan sekolah dan lain-lain. Startegi pemasaran alfamart dengan membuka
cabang yang dekat dengan perumahan masyarakat.
Contoh Perusahaan Manufaktur
PT
Ultra jaya Milk tbk. PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan
terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan
dalam kemasan aseptik yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti Ultra
Milk untuk produk susu, Buavita dan Gogo untuk jus segar. Namun sejak tahun
2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk. sehingga
PT. Ultrajaya Milk bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Susu
yang dihasilkan PT ini dipisahkan dalam beberapa segmentasi pasar, pasar untuk
balita, anak- anak, hingga dewasa. Dan dengan strategi kesegaran bahan baku
susu dan kualitas gizi alaminya dapat dipertahankan melalui teknologi proses
UHT (ultra high temperature) dan pengemasan aseptik tanpa menggunakan bahan
pengawet apapun, Pt Ultra jaya Milk diharapkan tetap dapat menguasai pangsa
pasarnya di Indonesia.
Contoh Perusahaan Jasa
PT
Jalur Nugraha Ekakurir atau yang biasa disebut JNE. JNE adalah suatu perusahaan
jasa yang bergerak di bidang pengiriman barang ataupun dokumen. PT. Tiki Jalur
Nugraha Ekakurir (JNE) yang bergerak di jasa pengiriman barang ini mempunyai
beberapa layanan dalam pengiriman barang
/ dokumen , diantaranya paket YES(yakin
esok sampai), Regular, OKE(ongkos kirim ekonomis), SS( superspeed/ kirim dan
sampai di hari yang sama). Segmentasi yang dilakukan JNE dengan membagi
beberapa layanan dengan tariff sesuai segmentasi pasar yang ingin digapai JNE,
seperti contoh pada paket OKE(ongkos kirim ekonomis) yang diperuntukan untuk
golongan menengah kebawah dengan waktu sampai barang hingga seminggu berbeda
dengan YES atau SS yang diperutukan untuk golongan menengah keatas yang bias
mengirim barang di hari yang sama sampai dengan 1 hari.
Sumber
:
Posting Komentar